Jumat, 25 Februari 2011


RANGKUMAN  MATERI PTI 12 DAN 13
INTERNET (MATERI 12)

1.PENDAHULUAN
·         Pengertian Internet, yaitu jaringan computer yang saling terhubung ke seluruh dunia dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis sampai yang dinamis dan interaktif.
·         Isi Internet, informasi sebagai suatu database atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap.
·         Sejarah Internet, 1969-1972 berawal dari jaringan computer yang dibentuk oleh departemen Pertahanan Amerika melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET yaitu dengan mendemonstrasikan bagaimana hardware dan software computer yang berbasis UNIX dapat melakukan komunikasi jarak tak terhingga melalui telepon. 1972-sekarang, proyek ARPANET dipecah jadi MILNET (keperluan militer) dan ARPANET (keperluan universitas). Gabungan kedua jaringan dikenal dengan DARPA INTERNET disederhanakan menjadi INTERNET.
·         Manfaat Internet : untuk informasi dan berita, bisnis, gaya hidup, ilmu, hiburan,transaksi, sosial.
2.AKSES INTERNET
·         Cara mengakses Internet : Dial Up, Kable, Wireless, Mobile, Hotspot
·         Istilah-istilah penting
a.Wifi: memungkinkan sejumlah computer terhubung tanpa kabel
b.Hotspot: jangkauan dari jaringan wifi
c.ISP(Internet Service Provider), perusahaan yang menangani seseorang, kantor,     
  organisasi agar dapat memanfaatkan Internet.
d.Modem, alat yang digunakan untuk merubah sinyal analog menjadi digital dan
   sebaliknya.
e.ADSL: jaringan internet kecepatan tinggi.
            3.BROWSING
·         WWW: fasilitas internet yang menghubungkan web page
·         Web Browser: software yang digunakan untuk mengakses www
·         Makna alamat URL:
http: protocol yang digunakan oleh www
www: world wide web
stkipgarut: nama situs
ac.id: eksistensi nama domain
index.php: file atau dokumen
·         Domain name:
a.Penamaan halaman web di internet
b.Digunakan untuk search engine tempat web seseorang
c.Alamat rumah dari seseorang di dunia internet
·         Generic Domain
.net untuk penyedia jaringan internet
.edu atau .ac untuk lembaga pendidikan
.gov atau .go untuk lembaga pemerintahan
.mil untuk kemiliteran
.com atau .co untuk komersial
.org atau .or untuk organisasi
·         Country Domain
.sg untuk Singapura
.id untuk Indonesia
.uk untuk United Kingdom
.jp untuk Jepang
.us untuk Amerika
.au untuk Australia
            4.SEARCH ENGINE
                Yaitu situs khusus yang dirancang untuk menyimpan catalog serta menyusun daftar
                 Alamat di internet berdasarkan topic.
                 Beberapa cara Search Engine :
·         Boolean Searching Operator
·         NEAR Operator
·         Search Engine Math
5.APLIKASI INTERNET
·         E-mail, mengirim pesan dari satu computer ke computer lain di seluruh dunia, kapan saja dan dimana saja.
·         Anatomi E-mail
1.Header : - TO (kepada) alamat e-mail tujuan
                  - Cc(carbon copy) : alamat e-mail tujuan
                  - Subject9judul) : topic surat
2.Body : Isi surat
·         Jenis E-mail :
a.Webmail : berbasis web, dibaca on-line/ off-line, dapat diakses dimana saja
b.Pop mail : menggunakan outlook, dibaca off-line, diakses dari computer tertentu
·         Mailing List (Milis)
Adalah kelompok diskusi dimana setiap orang bisa berlangganan dan berpartisipasi di dalamnya.
·         Chatting
Adalah suatu bentuk komunikasi di internet yang diciptakan untuk komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel
·         Social Networking
Adalah situs yang memusatkan pada layanan kepada pembentukan jaringan untuk bersosialisasi antar pengguna internet.



MULTIMEDIA ( Materi 13)

v  Multimedia adalah penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk video, animasi, grafik, audio dan teks
v  Sejarah multimedia, berawal dari teater yang pertunjukkannya memanfaatkan lebih dari satu medium dan seringkali disebut pertunjukkan multimedia
v  Perkembangan Multimedia : untuk mencapai 50 juta pengguna di amerika serikat waktu yang dibutuhkan untuk tv 13 tahun, tv kabel 10 tahun, internet 5 tahun.
v  Sistem Multimedia
1.Kombinasi media, jika kedua jenis media dipakai
2.Independence, jika tingkat ketergantungan antar media rendah
v  Pembagian Sistem multimedia :
1.Stand Alone, multimedia yang memiliki minimal storage, alat input, output, VGA, dan
   Soundcard
2.Berbasis Jaringan : harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang
   Besar.
v  Peran multimedia
1.Bidang pendidikan : membuat penyampaian bahan pengajaran interaktif dan dipermu   -
   dah.
2.Bidang jaringan dan internet, membantu dalam pembuatan website yang menarik, infor
   Matif dan interaktif.
v  Kemampuan multimedia dapat merubah :
1.Tempat kerja,contoh netmeeting
2.Cara belanja, contoh teleshopping
3.Cara bisnis, contoh on-line banking
4.Cara memperoleh informasi, contoh membaca Koran on-line
5.Cara belajar, contoh belajar on-line
v  Kontribusi media dalam proses pembelajaran :
1.Pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
2.Pembelajaran lebih menarik
3.Pembelajaran lebih interaktif
4.Waktu pembelajaran dapat diperpendek
5.Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
6.Proses pembelajaran berlangsung kapanpun dan dimanapun
7.Sikap positif siswa terhadap materi dan proses pembelajaran dapat ditingkatkan
8.Peran guru berubah kea arah yang positif
v  Peran media dalam pembelajaran
1.Membuat kongkrit konsep yang abstrak
2.Mengetengahkan bagian tertentu yang dianggap penting
3.Memberikan pengganti pengalaman langsung
4.Mendekatkan obyek yang sukar/berbahaya untuk didekati
5.Memberikan pengalaman segi pengamatan
6.Menyajikan perbedaan warna secara visual
7.Menyajikan informasi yang memerlukan gerak
v  Perkembangan dan Jenis media
Cetak-radio/audio- tv/video- computer/ jaringan
v  Trend pemanfaatan media
1.Integrasi, dua atau lebih media dimanfaatkan secara terpadu untuk saling mengisi dan
   Melengkapi
2.Konfergensi, penggabungan berbagai tipe media- teks, foto, grafik, suara, video dan
   Animasi ke dalam sebuah multimedia tertentu
3.Interaktif, adanya komunikasi dua arah antara media dengan pengguna
4.Multimedia interaktif, pemanfaatan media yang terintegrasi, konfergensi, dan interaktif
v  Bentuk penggunaan computer
1.Multimedia presentasi :
   a.digunakan untuk menjelaskan materi-materi teoritis
   b.digunakan dalam pembelajaran klasikal diatas 50 orang
   c.cukup efektif sebab menggunakan multimedia projector
   d.kelebihan media ini menggabungkan semua unsur media
   e.dapat mengakomodasi semua gaya belajar
2.Multimedia interaktif
   a.meningkatkan motivasi belajar siswa
   b.meningkatkan hasil belajar siswa
   c.mereduksi miskonsepsi siswa
   d.mengembangkan kompetensi guru
v  Model multimedia interaktif
1.Drill, bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit melalui pencipta-
   an tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana sebenarnya, biasanya da  -
   lam bentuk latihan soal-soal.
2.Tutorial, pembelajaran berisi tujuan, materi, evaluasi. Pengajaran bertipe Branching
   Dimana pelajaran disajikan dalam unit-unit kecil lalu disusul dengan pertanyaan dan ja-
   waban dari computer
3.Simulasi, bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit melalui pen   -
   ciptaan simulasi-simulasi dalam bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebe
   narnya
4.Games, pembelajaran yang menyenangkan dimana peserta didik akan dihadapkan pada
   beberapa petunjuk dan aturan permainan
v  Pemanfaatan internet untuk media pembelajaran :
1.menjadikan internet sebagai sumber referensi pelajaran
2.memanfaatkan blog yang dikelola guru
3.tiap siswa dan guru mengelola blog masing-masing
4.menggunakan sarana jejaring sosial
5.menggunakan Learning Management System

Tidak ada komentar:

Posting Komentar